Pengalaman Pertama Kali Sterilin Kucing Chapter 1

by - 20.34

Assalamualaikum

Gambar ngambil source ada digambar
    
Hey y'all balik lagi nih aku hihi. Terakhir post tentang Red Velvet gak sih? Wkwk bulan November tahun 2019 pula, sekarang udah 2021 selama itu ya aku lupa kalo punya blog. Sekali-kali aku mau cerita-cerita dikit tentang kucing aku diblog ini. Pengen aja gitu berbagi pengalaman pertama kali steril kucing betinaku. Untuk steril kucing sendiri emang ada pro dan kontra nya, untuk yang pro sendiri  alasannya lebih kepada si owner yang emang gamau nambah kucing lagi (kucing betinanya beranak) dan kalo kucing jantan mungkin menghindari dia untuk spraying, dan untuk kontra nya bisa dibilang kasihan kucingnya lah, kita merampas hak dia untuk kawinlah, macam-macam lah pokoknya. Kalo untuk aku sendiri sih kembali kemasing-masing ownernya, untuk aku sendiri karena aku emang ga sanggup lagi untuk nambah kucing makan nya aku sterilin si Embok. Perlu diingat juga kucing yang disteril itu masih bisa kawin ya guys, tapi emang ga hamil atau ga bikin hamil kucing orang, kan malah kasihan sama anak kucing yang induknya ngga disteril malah membuat semakin banyak kucing-kucing terlantar.

So kita lanjut keceritaku, jadi kucing aku ini nama awalnya itu "Putih" seiring berjalannya waktu panggilnya pindah ke "Embok" karena emang udah beranak pinak gitu dianya. Ini fotonya si Embok, dia mixdom odd eye gitu kucingnya.
Jadi Embok ini kucing yang dirawat tanteku terus tanteku udah ga ada jadi aku sama kakakku yang nerusin buat ngerawat dia. Waktu itu Embok umurnya masih sekitar 4 bulanan. Sebenernya Embok ini juga kucing dateng gitu, dianya itu takut banget kalo sama orang baru gatau deh kayaknya dia itu kabur atau tersesat gitu nah kaburnya itu masuk kebelakang rumahnya tanteku. Tanteku sebenernya juga nungguin ada orang yang nyariin kucing ini eh ternyata ga ada yaudah langsung dirawat aja sama tanteku. Dulu dia masih sekecil ini waktu dirawat tanteku.
Nah jadi ceritanya gini Embok sekarang umurnya udah 1,5 tahun dan udah 2 kali beranak. Yang lahiran pertama tanggal 3 Juni 2020 itu anaknya ada 3 jantan semua, yang lahiran kedua tanggal 12 November 2020 itu ada 4 (2 jantan 2 betina). Sebelum aku rawat Embok ini aku udah punya kucing 1 jantan, otomatis kan selama periode ini kucing aku totalnya jadi 9. Setelah itu aku mikir "Wah kucingnya ada 9 gini aja udah kewalahan, kalo si Embok bunting lagi bisa kewalahan banget nanti ngurusnya." Dan setelah itu aku mikir gamau nambah kucing lagi, lalu kuputuskan untuk mensteril si Embok. Jadi aku nunggu dulu nih yang anaknya dari lahiran kedua ini usianya harus 2 bulanan karena usia segitukan udah pasti bisa makan sendiri. Pas 11 Januari 2021 kuputuskan untuk daftarin si Embok untuk steril. Untuk hari H nya itu tanggal 23 Januari tapi kuota kucing betina ini pasti cepet penuh yaudah aku daftarin si Embok ini waktu awal pendaftaran. 

Steril yang aku ikut ini bukan dateng kekliniknya, tapi kayak sistem drop kucing gitu. Biayanya juga ngga mahal dibanding langsung dateng keklinik. Kalo dibilang steril subsidi sih ngga ya soalnya yang ngadain bilang ini bukan steril subsidi tapi steril murah tapi tetep yang menangani adalah dokter hewan. Biaya yang aku habiskan untuk steril si Embok ini 400k untuk betina kalo jantan 350k, karena aku cupu gabisa naik motor dijalan gede aku milih kucingnya diantar jemput dengan estimasi biaya 140k jadi total aku untuk steril si Embok ini 540k. Steril si Embok ini ngga diinap ya, selesai steril langsung kita bawa pulang kita rawat sendiri dirumah. Beda banget kalo diklinik tentu bisa rawat inap dan mungkin bisa habis lebih dari 750k kalo menurutku.

Tibalah hari H dimana Embok mau disteril, dia takut banget waktu aku masukin kekeranjang kasian sebenernya lihat dia takut tapi ya mau gimana lagi. Embok dijemput jam 6.45 pagi sama mas-mas yang biasanya antar jemput kucing. Aku sampe nitip pesen ke mas-masnya "Mas ini kucingnya penakut, antisosial banget, nanti tolong keranjangnya dibuka pelan-pelan aja takut kabur atau nyakar.", si masnya oke-oke aja hehe. Setelah itu mas-masnya mulai jalan, sebelum berangkat steril aku foto dulu si Embok hehe ini fotonya.

CUTTTTT
Mungkin segini dulu guys cerita pengalaman steril si Embok, untuk cerita pasca sterilnya akan dilanjut pada chapter 2. Semoga bisa nyambung nulis lanjutan cerita steril si Embok.

See u next time. All the Love. Tania 

You May Also Like

0 komentar